Saturday 6 October 2018

Temukan Jangkauan Vokal Nada Anda

'iq
Sumber : Penulis

Temukan Jangkauan Vokal Anda


     Menemukan jangkauan Vokal anda penting dilakukan untuk bernyanyi dengan baik. Hal itu biasa digunakan untuk mengetahui kemampuan menyanyi kita, apakah masuk low pitch, atau high pitch. Biasanya, secara alamiah, jangkauan nada orang adalah 1,5 sampai 3 oktaf. Bila dilatih lagi, kita dapat mencapai 4 oktaf atau bahkan lebih. Dan, nada tengahnya adalah C4.
     Disini, saya akan menyampaikan bagaimana cara menemukan jangkauan vokal kita. Caranya adalah, siapkan suara kita baik", atau sebelumnya, dengan pemanasan vokal terlebih dahulu. Jika sudah, siapkan sebuah instrumen, seperti piano atau keyboard. Anda bisa mendapatkannya tanpa harus membeli. Hanya tinggal download saja aplikasinya di Play Store atau App Store. Kemudian, siapkan alat tulis, seperti secarik kertas dan pulpen/atau pensil, untuk nantinya mencatat seberapa jauhkah kita dapat mencapai nada tersebut.
     Mari kita mulai. Pertama", mulailah menyebut/menyuarakan suatu nada dengan nada C4, kemudian lanjutkan dengan nada yang semakin menurun, hingga kita sudah tidak bisa lagi mencapai yang lebih bawah. Jangan lupa gunakan instrumen untuk menyesuaikan nada pita suara kita dengan nada yang sebenarnya. Kedua, lakukan kegiatan seperti langkah pertama tadi, mulailah dari nada C4, kemudian lanjutkan dengan nada yang semakin menaik hingga kita tidak bisa melanjutkannya lagi. Oh iya, jangan lupa untuk mencatat nada terendah dan tertinggi yang telah dapat kita capai tadi. Kemudian, bandingkan hasil tadi dengan tipe" suara sebagai berikut.

=> Bass : E2 - C4
=> Baritone : G2 - E4
=> Tenor : B2 - G4
=> Alto : F3 - D5
=> Mezzo Sopran : A3 - F5
=> Sopran : C4 - C6

     Bagaimana hasilnya? Mudah kan? 😊 Kalau misal sudah menemukan tipe suara atau jangkauan nada anda, tulis komentarnya di bawah ya...
     Untuk cara membacanya, misal, jangkauan nada B2 - G4, adalah 12 nada atau 1 oktaf 5 nada. Ok?
     Oh iya, ngomong", suara saya itu, masuk sopran, karena jangkauan nadanya dari B2 sampai D8. Dimana B2 - C6 adalah chest voice, dan D6 - D8 adalah whistle note. Sehingga jangkauan nada saya 37 nada atau 5 oktaf 2 nada. Sebenarnya, saat pertama kali mencoba test ini, jangkauan nada saya hanyalah 3 oktaf saja (D3 - E6), kemudian saya mencoba untuk melatih whistle note agar dapat melebarkan jangkauan nada tersebut.
     Biasanya, untuk mengetahui grafik nada saat kita menyanyi, saya menggunakan aplikasi yang bernama "Vocal Pitch Monitor" yang dapat anda download sendiri dari Google. Aplikasi yang saya gunakan tersebut dapat menyajikan nada dari C1 hingga E11.
     Sekian, informasi yang telah saya sampaikan kali ini. Terima kasih telah mengunjungi blog milik saya. Bila ada kesalahan/kekurangan, mohon dimaafkan dengan sebesar-besarnya. Jangan lupa share informasi ini kepada teman" anda, dan juga tinggalkan tanggapan anda pada kolom komentar di bawah. Thanks 😄

No comments:

Post a Comment

Dapatkan Penghasilan dengan Google AdSense

'iq Sumber : Penulis Hai Sobat... Kali ini, saya akan menjelaskan tentang apa itu Google AdSense dan bagaimana cara mendapatkan...