Friday 19 October 2018

Cara Membuat Blog #1

'iq
Sumber : Penulis

Hai, Selamat Datang Para Calon Blogger!
Kunjungi pula bagian 2 untuk lanjutannya

Saya akan memberitahu beberapa fakta seblum memulai
1. Kalau hanya membuat blog, caranya sangatlah mudah
2. Tapi supaya blognya sukses, itu tidaklah mudah

     Anda mungkin tertarik untuk menjadi blogger karena terinspirasi oleh beberapa situs besar. Atau karena pernah mendengar bahwa blog dapat menghasilkan uang. Apapun alasannya, panduan ini tepat untuk anda para pemula. 
     Kali ini, saya tidak akan mengajarkan anda cara membuat akun baru di Blogger dan WordPress. Kalau Cuma itu, 5 menit saja pun sudah dapat membuatnya. Saya akan mengajari anda sesuatu yang lebih penting, yaitu bagaimana cara membuat blog yang dapat terbilang “Sukses”. Setelah membaca artikel ini, anda dapat menciptakan blog yang keren dan menarik, dan tak kalah dengan para blogger terkemuka lainnya.

     Sebelum kita mulai, ada satu hal lagi. Hampir semua blogger baru pada akhirnya gagal setelah 1-3 bulan pertama, hanya sedikit yang bisa sukses. Sebenarnya, hal itu disebabkan karena mereka hanya membuat blog secara asal-asalan. Biasanya topiknya campur aduk, konten yang tidak berkualitas, pokoknya secara berantakan. Lalu, karena blognya sepi terus, akhirnya merekapun bosan.
     Ini bukan mau menakut-nakuti, ini benar-benar sering terjadi. Perencanaan blog itu luar biasa pentingnya, agar anda tidak buang-buang waktu, tenaga, dan uang. Maka dari itu, sebelum kita masuk ke cara membuat blognya, kita akan bahas dulu bagaimana persiapannya. Cara ini terdiri dari beberapa bab dan sub bab, maka perhatikan dengan seksama.
Tentukan Topik Utama Blog

A. Tentukan Topik Utama Blog
     Anda mungkin akan berpikir tahap ini sepele, cuma milih topik doang. Padahal sebenarnya tahap inilah yang paling penting dalam persiapan. Mari saya beri beberapa fakta. Tiap hari pasti ada 2,73 Juta konten baru yang diterbitkan blog dari seluruh dunia. Lebih dari 70% dari blog-blog terebut hanya mendapatkan kurang dari 5.000 pengunjung per bulan, atau sekitar 150 per hari. Miris kan? Kira-kira, apa penyebabnya? Pertama, topik blognya nggak jelas. Kedua, topiknya kurang menarik bagi banyak orang, Ketiga, topik yang dipilih mereka tidak dapat diminati sehingga isi blognya juga menjadi tidak berkualitas.
     Begini, misal anda membaca 5 artikel/website per hari. Apakah anda akan membuka website yang isinya berkualitas, menarik, dan bermanfaat untuk anda, atau website yang Cuma berisi artikel nggak jelas. Pasti anda memilih yang pertama kan? Jadi anda harus bisa membuat konten blog yang lebih bagus daripada blog-blog yang lainnya. Itulah kuncinya. Nah, untuk bisa membuat konten bagus, buatlah topik yang disukai banyak orang. Kalau anda memilih topik yang tidak anda mengerti, akibatnya membuat konten serasa berat, jadi tidak berkualitas, dan anda pasti juga akan merasa cepat bosan. Coba kita gunakan logika, bila anda tidak mengrti topik apa yang akan dibahas, bagaimana anda dapat menyampaikannya kepada orang lain? Sangat sulit, apalagi bagi pemula.
     Topik mana yang bisa menghasilkan uang? Berdasarkan survey yang saya lakukan beberapa waktu yang lalu, sebagian besar pembaca artikel ini ternyata ingin mendapatkan penghasilan dari blog. Betul, memang blog bisa menjadi sumber penghasilan. Tetapi ada mitos legendaris, hanya blog dalam topik tertentu yang bisa mendapatkan penghasilan. Itu salah besar, semua topik dapat menghasilkannya. Asalkan konten yang anda buat dapat menarik minat kepada banyak orang. Penting, kalau anda ingin serius blogging untuk jangka panjang, jangan pilih topik yang mengandung permasalahan hukum. Misalnya menyediakan lagu MP3, downlod film, konten dewasa, dan sejenisnya.
Pilih Platform Blog yang tepat Untuk Anda

B. Menentukan Platform yang Tepat Untuk Blog Anda
     Salah satu proses terberat dalam memulai blog sudah kita lewati. Sekarang kita masuk ke yang lebih mudah. Teknologi zaman sekarang sudah lebihcangih. Dengan menggunakan platform blogging, anda dapat menulis di blog seperti menulis di Microsoft Word. Ini pilihan yang paling populer : Blogspot, WordPress.com, dan Wordpress.org. Masih ada puluhan platform blogging lainnya, tapi saya tidak akan mempersulit pilihan anda dengan membahas yang kurang populer.
    Saat ini, platform yang sedang anda buka adalah milik Blogger/Blogspot. Jadi, pada kesempatan berikutnya, saya akan memberikan cara bagaimana cara membuat blog melalui platform Blogger/Blogspot secara gratis. Tunngu postingan artikel selanjutnya ya kawan-kawan. Bila ada kesalahan kata, mohon dimaafkan. Jangan lupa pula untuk ikuti akun google+ saya, tulis komentar bagaimana pendapat anda, serta bagikan artikel ini kepada teman-teman anda. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Dapatkan Penghasilan dengan Google AdSense

'iq Sumber : Penulis Hai Sobat... Kali ini, saya akan menjelaskan tentang apa itu Google AdSense dan bagaimana cara mendapatkan...