Saturday 20 October 2018

Dapatkan Penghasilan dengan Google AdSense

'iq
Sumber : Penulis


Hai Sobat...

Kali ini, saya akan menjelaskan tentang apa itu Google AdSense dan bagaimana cara mendapatkan uang dari Google AdSense. Simak pembahasan berikut baik-baik ya, Terima Kasih.

A. Apa Itu Google AdSense?
     Google AdSense adalah suatu program kerjasama periklanan Internet yang disediakan oleh Google untuk memfasilitasi para publisher untuk memasang atau mempromosikan iklan para adversiter yang sudah terdaftar di google pada blog/situs yang mereka miliki. Kemudian, dari mana iklan adsense tersebut berasal? Dalam persaingan dunia bisnis, banyak cara agar binis dapat populer, salah satunya adalah melalui iklan, Google sebagai perusahaan raksasa internet terbesar di dunia menyediakan layanan khusus untuk para pengiklan  untuk mempromosikan produk . Google melakukannya dengan berbagai cara, dengan memanfaatkan internet akan berusaha untuk menyampaikannya kepada konsumen.

B. Cara Kerja Google AdSense
     Secara umum, terdapat 4 aktor yang terlibat dengan Google AdSense, yaitu adversiter atau pengiklan, penyedia layanan iklan, publisher, dan konsumen. Secara garis besar sistem kerja Google AdSense adalah sebagai berikut.
     Publisher memasang iklan melalui layanan google, google sebagai penyedia layanan tersebut akan membantu mempromosikan iklan agar mudah ditemukan oleh konsumen yang tepat. Program tersebut dinamakan Gogle AdSense. Melalui layanan tersebut, iklan didistribusikan ke konsumen melalui publisher yang sudah disetujui oleh google. Para publisher pun akan memasang iklan pada halaman blognya. Untuk menjadi publisher, tidak dipungut biaya alias gratis. Publisher akan mendapatkan pendapatan dari pengunjung yang menge-click iklan tersebut. Publisher akan dibayar oleh pihak google ke rekening Google AdSense. Perhitungan yang didapat publisher dinamakan Cost Per Click (CPC). Publisher bisa mencairkan uang tersebut bila telah memenuhi ambang batas pembayaran.

C. Keuntungan Memasang Google AdSense
     Jika kita di posisi publisher, ada beberapa alasan mengapa kita memilih untuk menjadi publisher. Salah satunya adalah pendapatan yang menggiurkan tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Sebenarnya, keuntungan yang kita dapatkan bukan tanpa usaha, melainkan ketika adanya pengunjung yang menge-click iklan adsense yang terdapat pada blog milik kita sendiri. Setiap klik iklan tersebut akan dihargai oleh Google sebagai upah yang harus dibayarkan kepada publisher dengan perhitungan tertentu. Perhitungan tersebut biasa dikenal dengan sebutan CPC atau Count Per Click, yang berarti biaya setiap iklan yang di klik. Biasanya diterapkan dalam bentuk dollar. Oleh karena itu, tugas publisher adalah berusaha membuat blog mereka mendapatkan visitor yang melimpah, sehingga peluang yang kita dapatkan akan semakin banyak.


D. Cara Mendaftar Google AdSense Melalui Blogspot
     Mari kita bahas bagaimana cara mendaftarkan blog kita ke Google AdSense melalui Blogspot. Simak caranya baik-baik ya sobat...

1. Cek Ketersediaan Adsense
     Jika selama ini anda memposting artikel menggunakan Bahasa Indonesia, hingga artikelnya pun berbahasa Indonesia, dapat dipastikan bahwa di dashboard anda tidak akan tersedia layanan Penghasilan. Oleh karena itu, kita harus mengaktifkannya. Caranya adalah buka “Menu Dashboard > Setelan > Bahasa dan Pemformatan”. Pada menu pilihan bahasa, ubahlah dari Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Inggris UK, kemudian save. Refresh kembali dashboard anda, sekarang akan muncul menu Penghasilan yang berisi AdSense.

2. Daftar Ke AdSense
     Klik menu Penghasilan di Dashboard anda. Bila blog anda belum terdaftar di blogger, maka anda harus bersabar dan harus memenuhi beberapa ketentuan. Anda juga dapat mengajukan permintaan kepada Google AdSense dengan mencatat beberapa ketentuan yang harus dilakukan agar blog anda dapat diterima menjadi publisher Google AdSense. Beberapa ketentuannya sebagai berikut,

a. Faktor konten/artikel dalam blog
     Faktor konten menjadi persyaratan utama dalam mengajukan google. Konten dalam blog harus berisi puluhan artikel, tidak boleh copy paste alias harus dikarang sendiri, intinya, buatlah konten yang jelas dan berkualitas.

b. Umur atau usia blog
     Umur blog sangat mempengaruhi kebijakan Google AdSense. Umur blog yang akan didaftarkan minimal sudah 6 bulan dan menampung 60 artikel sejak blog dibuat.

c. Batasi jumlah gambar atau media lainnya dalam postingan
     Apabila terdapat banyak sekali gambar dalam satu postingan, hal ini akan ditolak mentah-mentah oleh Google AdSense. Penyisipan gambar boleh lebih dari satu jika memang artikelnya panjang, intinya, jangan sampai jumlah gambar melebihi konten.

d. Menu navigasi dan widget blog
     Menu navigasi iklan sebaiknya diatur setelah mendapat persetujuan dari pihak google. Sementara widget blog alias tata letak blog dapat diatur menjadi lebih baik sebelum mengajukan permintaan kepada google AdSense.

e. Deskripsi blog
     Deskripsi blog adalah salah satu hal terpenting, dimana para pengunjung dapat mengetahui, apa saja topik utama yang akan dibahas di dalam blog tersebut, sehingga kita dapat mempermudah visitor dalam mengunjungi blog tersebut dimana pada akhirnya peluang iklan yang ditampilkan di blog kita dapat di-click oleh pengunjung. Hal itulah yang disukai oleh Google AdSense sehingga dapat mempermudah Google AdSense memenuhi permintaan yang kita ajukan tadi. Anda dapat mengubah deskripsi blog di Dashboard Menu > Setelan > Dasar. Kemudian anda dapat mengisinya dengan topik apa saja yang akan anda tampilkan pada blog tersebut.

f. Pengunjung blog
     Kalau dibilang pengunjung harus ribuan per hari, saya katakan “Tidak” karena menurut pengalaman saya sendiri, hanya ada sekitar 50 per hari pun sudah cukup.

g. Jangan memasang link aktif ke blog/web lain
     Pemasangan link aktif yang akan mengarahkan kepada blog yang reputasinya kurang baik, akan menjadi kendala dalam pengajuan Google AdSense. Pemasangan link aktif boleh dipasang asalkan situs yang terpercaya, misal Wikipedia.

i. Pengalaman Pribadi
     Sebenarnya uraian tadi hanyalah paradigma yang sering dikatakan oleh para blog terkemuka. Saat saya sendiri mendaftar Google AdSense umur blog saya baru 2 bulan saja, dan itupun dengan hanya 7 postingan artikel. Dan pada saat itu, total pengunjung blog saya baru saja mencapai 1000. Mungkin beberapa persyaratan diatas hanya terjadi pada beberapa negara dan wilayah, tidak semuanya. Jangka waktu antara saya mengajukan persetujuan dengan diterima persetujuan tersebut kurang lebih 4 hari saja.

     Tadi adalah beberapa ketentuan sebelum mendaftar dan mengajukan permintaan menjadi anggota Google AdSense. Bila beberapa hari kemudian, ketika anda membuka dashboard penghasilan dan terdapat tombol daftar, berarti blog anda sudah dapat mendaftar ke Google AdSense. Jika sudah muncul tombol tersebut, anda tinggal menge-click tombol daftar tadi, dan masukkan beberapa identitas untuk mengajukan permintaan secara baik dan benar. Jangan sampai anda memasukkan data atau keterangan mengenai alamat yang bukan milik anda. Tunggu konfirmasi dari Google AdSense melalui Gmail. Anda dapat menunggunya dalam kurun waktu antara 1 hari hingga 1 minggu. Jika kita masih gagal dalam mendaftarnya, hingga kita bisa diterima oleh pihak google.

E. Cara Memasang Iklan Google AdSense Pada Halaman Blog
     Setelah kita diterima oleh pihak Google sebagai Publisher Google AdSense, maka kita akan diberi halaman khusus untuk mengelola AdSense sekaligus dilengkapi dengan rekening virtual. Anda dapat mempelajarinya sendiri melalui Support Google. Anda juga dapat meletekkan iklan melalui edit HTML, Tata Letak, dan berbagai cara lainnya. Namun yang harus kita perhatikan adalah jangan memasang iklan adsense yang melanggar peraturan dari Google AdSense baik jumlahnya maupun cara penempatannya.

F. Pembayaran Google AdSense
     Setiap iklan yang kita pasang akan terhitung otomatis oleh google AdSense melalui cara CPC yang telah dijelaskan tadi. Pembayaran tadi dicatat secara otomatis oleh rekening virtual Google AdSense yang kita miliki. Ketika jumlah dollar telah memenuhi ambang pembayaran yang biasanya berkisar rata-rata 100$, maka kita bisa mencairkan uang tersebut melalui westernumion atau ditransfer langsung dalam bentuk cek rekening bank lokal yang kita miliki.

G. Kesimpulan
     Google AdSense adalah program kerjasama periklanan, kita bisa daftar menjadi publisher Google AdSense secara gratis, salah satunya syaratnya memiliki blog. Semakin banyak pengunjung, maka kemungkinan iklan kita di-click pengunjung akan semakin tinggi, sehingga kita dapat mendapatkan “Sesuatu” dari Google AdSense. Tugas kita adalah mengelumpukkan pengunjung sebanyak-banyaknya agar pembayaran Google AdSense bisa kita peroleh secara maksimal. Karena banyaknya pengunjung  berpengaruh pada nilai CPC iklan Google AdSense semakin besar.

     Bagaimana, mudah bukan caranya? Sekian penjelasan saya kali ini, semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Bila ada kesalahan kata yang kurang berkenan, mohon dimaafkan. Jangan lupa tulis pendapat sobat pada kolom komentar di bawah ya. Share artikel ini kepada kerabat anda agar kita dapat menebar kebaikan. Jangan kelewatan, ikuti akun Google+ saya juga ok?, agar dapat mendapatkan update informasi terbaru dari saya. Terima Kasih. 😀

No comments:

Post a Comment

Dapatkan Penghasilan dengan Google AdSense

'iq Sumber : Penulis Hai Sobat... Kali ini, saya akan menjelaskan tentang apa itu Google AdSense dan bagaimana cara mendapatkan...