Friday 19 October 2018

Cara Membuat Blog #2

'iq
Sumber : Penulis

Hai Para Calon Blogger,
Sebelum saya mulai, saya ingatkan terlebih dahulu untuk baca dulu Bagian 1

     Sesuai janji saya beberapa waktu yang lalu, saya akan melanjutkan bagian pertama yng berisikan bagaimana cara menentukan topik umum yang akan kita bahas. Kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat blog dari platform Blogspot/Blogger. Tanpa berbasa-basi, langsung saja kita mulai pembahasannya.
     Blogspot mengijinkan kita membuat blog secara gratis, tentunya memiliki keterbatasan. Tapi, untuk pemula itu merupakan ide yang baik sebagai langkah awal dalam membuat Blog. Tutoral ini ditujukan untuk yang ingin belajar membuat blog. Dalam postingan ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat blog di Blogspot.
Cara Membuat Blog di Blogspot/Blogger Secara Gratis

1. Login/Masuk dan Mendaftar
     Untuk cara membuat blog di Blogspot gratis, silahkan menuju blogger.com dan login atau masuk menggunakan akun google. Setelah login, kita akan disuruh memilih untuk menggunakaan identitas. Kita dapat memilih menggunakan profil Google+ atau profil Blogspot. Saya menyarankan anda untuk menggunakan profil Google+. Kemudian, klik lanjutkan.

2. Buat Blog Baru!
     Setelah kita mendaftar, kita akan membuat blog baru kan? Nah, klik saja tombol yang bertuliskan “Buat Blog Baru” di pojok bawah halaman. Setelah itu, kita harus mengisi judul postingan kita, misalkan “The Best”. Isi kolom dibawahnya dengan alamat yang akan kita gunakan. Misalnya “thebest.blogspot.com” atau “myblog.blogspot.com”. Anda dapat mengisinya sesuka hati. Tapi ingat, jika kita sudah memasukkan alamat blog yang akan kita buat, tunggu hingga ada tanda centang/check list di samping kolom pengisian, yang berarti alamat ini belum pernah digunakan oleh orang lain. Jika masih ada tanda seru, maka alamat tersebut telah digunakan oleh orang lain, sehingga kita perlu mengganti alamat blog tersebut. Upayakan agar alamat blog anda mudah diingat. Jika alamat kita telah disetujui, langkah selanjutnya adalah emilih tema yang akan ditampilkan di blog anda. Misalkan tema yang dipilih yaitu sederhana. Anda dapat mengganti/mengubah/mendesain tema dan tata letak nantinya. Apabila semua kolom telah diisi, klik “Buat blog!” di bagian pojok kanan bawah laman buat blog baru.

3. Mulailah Posting Artikel yang Akan Anda Bahas
     Setelah kita membuat blog baru, kita akan melihat peringatan undang-undang Uni Eropa. Anda dapat langsung saja membuat postingan pertama dengan menekan tombol “Entri Baru”. Setelah itu, akan ada tempilan seperti halnya Microsoft Word. Anda dapat mengisinya dengan topik artikel yang anda suka. Jika sudah menulis topik yang akan anda bahas di postingan tersebut, anda dapat menuju ke pojok kanan atas halaman. Anda dapat menghadapi beberapa pilihan. Anda dapat langsung memposting ke blog. Atau anda dapat menyimpannya untuk sementara waktu sebagai draft. Anda juga dapat melihat bagaimana postingannya bila anda terapkan di blog. Atau dapat juga membatalkan penulisan artikel anda. Saya menyarankan, bila sudah selesai menulis, lihat dahulu pratinjau, kemudian bila sudah cocok, barulah anda dapat mempublikasikannya.

4. Mengetahui Menu-Menu Pengeditan Blog Tersebut
     Jika sudah memposting artikel pertama anda, anda dapat mengklik close pada peringatan undang-undang Uni Eropa tadi. Sehingga hal ini tidak akan memenuhi bagian postingan anda. Pada beberapa kolom di samping, Terdapat beberapa fungsi terendiri. Postingan merujuk pada pengeditan atau beberapa artikel yang sudah anda posting. Kemudian statistik menunjukkan bagaimana perkembangan penayangan blog milik anda, dan tersedia beberapa grafik. Komentar berisikan tentang para pengunjung blog anda yang meninggalkan komentar pada artikel anda atau anda yang meninggalkan komentar pada blog lain.
     Lanjut ke Halaman, menu ini berfungsi hampir sama dengan menu Postingan, dima anda juga dapat memposting artikel baru melalui menu ini. Tata letak dapat kita gunakan untuk mengubah bagaimana blog kita ketika dilihat oleh publik. Anda dapat mengubah tata letak, misalkan memberi profil anda, memberi penelusuran blog, daftar link, dan lain-lain. Intinya anda dapat mengubah tata letak di sini. Kemudian Tema, seperti yang telah dijelaskan di atas tadi, anda dapat mengubah tema nantinya. Kini, anda dapat mengubah tema sesuka anda. Tema yang biasa tersedia adalah Contempo, Soho, Emporio, Terkemuka, Sederhana, Tampilan Dinamis, Jendela Gambar, PT Keren Sekali, dan masih banyak lagi.
     Yang terakhir adalah setelan. Dimana di menu ini, kita dapat mengubah beberapa settingan yang dapat mengubah blog anda menjadi lebih baik. Berikut, Saya akan merekomendasikan beberapa setingan yang harus diubah ketika anda telah selesai membuat blog baru. 
a. Setelan > Dasar
     Anda dapat mengubah Judul Blog, Deskripsi Blog, dan Privasi Anda, misa dapat dilacak oleh google penelusuran atau tidak. Ana juga dapat mengubah alamat blog anda. Ini adalah salah satu bagian yang terpenting, dimana pada pengalihan HTTPS, anda ubah menjadi “Ya”. Hal ini dikarenakan bila anda menggunaka HTTP, blog anda akan akan dapat dengan mudah diubah datanya, alias mudah kena hack. Maka dari itu, segeralah mengganti pengalihan HTTP menjadi pengalihan HTTPS. Anda juga dapat menambahkan akun yang dapat mengisi blog milik anda.

     Anda dapat mempelajarinya sendiri ketika sudah sering mengunjungi dan memperbarui blog milik anda sendiri. Bagaimana, Mudah kan? Saya juga sudah mencobanya dan itu sangatlah mudah. Sekian yang dapat saya sampaikan kali ini, bila ada kesalahan kata ataupun pengucapan, mohon dimaafkan. Jangan lupa untuk mengikuti akun Google+ saya agar dapat mendapatkan informasi update artikel yang bermanfaat bagi anda. Dan, tulis pendapat anda pada kolom komenta di bawah ya. Share artikel ini kepada rekan-rekan anda. Semoga, artikel yang saya sampaikan ini bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Dapatkan Penghasilan dengan Google AdSense

'iq Sumber : Penulis Hai Sobat... Kali ini, saya akan menjelaskan tentang apa itu Google AdSense dan bagaimana cara mendapatkan...